Minggu, 28 Oktober 2012

Penyakit Maag





Sakit Maag-merupakan salat satu masalah kesehatan yang sering membawa seseorang untuk datang kedokter mencari pertolongan medis. Sakit maag yang membawa pasien datang kedokter kadang kala memiliki interpretasi yang berbeda-beda. Tetapi secara umum acute seseorang merasakan sakit daerah ulu hatinya maka mereka biasanya langsung menyebutkan bahwa diameter menderita sakit maag. Secara medis istilah yang sering digunakan untuk sakit maag inisial adalah Dispepsia. Secara definisi Dispepsia sendiri adalah rasa nyeri atau tidak Nyaman disekitar ulu hati. Pasien yang terkena penyakit maag biasanya punya keluhan seperti rasa mual Lain bahkan sampai muntah. Selain itu juga bisa timbul keluhan-keluhan seperti kembung lain cepat kenyang, nafsu makan yang berkurang, sering sendawa. Survei yang dilakukan pada masyarakat Jakarta tahun lalu yang melibatkan 1.645 responden mendapatkan bahwa pasien yang bermasalah sakit maag mencapai Angka 60%. Artinya masalah sakit maag ini memang banyak  di masyarakat dan tentunya harus menjadi perhatian dari kita semua.

Contoh Penyakit Maag :

2 hormon penyakit maag, yakni:

  • Gastritis Akut
    Penyakit maag Akut adalah inflamasi (Reaksi tubuh terhadap mikroorganisme dan benda asing yang ditandai oleh panas, bengkak, nyeri, gangguan fungsi organ dan tubuh) Akut dari lambung, dan biasanya terbatas hanya pada muklosa. Penyakit maag akut dapat terjadi tanpa diketahui penyebabnya.
  • Gastritits Kronis
    Lambung penderita penyakit maag kronis mungkin mengalami inflmasi (Reaksi tubuh terhadap mikroorganisme dan benda asing yg ditandai oleh panas, bengkak, nyeri, gangguan fungsi organ dan tubuh) kronis dari tipe gangguan tertentu, yang menyebabkan gastritis bahasa dari tipe yang spesifik yaitu gastritis kronisa.


Penyakit Maag Berdasarkan Tingkat Keparahan, Yakni :

  • Maag Ringan
    Maag Ringan masih tergolong tahap ringan dimana biasanya setiap orang sudah berada di tahap ini, jika dilakukan pemeriksaan akan terlihat asam lambung berlebih di bagian dinding lambung.
  • Maag Sedang
    Maag pada tahap inisial sudah menyebabkan nyeri, mual sakit dan yang menyakitkan.
  • Maag kronis
    Maag kronis adalah maag Yang sudah Parah intensitasnya di bandingkan maag biasa.
  • Kanker lambung
    Kanker lambung terjadi akibat mikroorganisme yang merugikan, yaitu Helycobacter pylori.


Gejala-Gejala Penyakit Maag
1. Rasa sakit saat buang air besar
2. Perut  terasa kembung 
3. Terasa mual dan ingin muntah
4. Kurangnya nafsu makan
6. Diare
7. Sering sendawa

Faktor-Faktor Penyebab Penyakit Maag
1. Gaya hidup yang kurang sehat.
2. Mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak lemak dan akan merangsang produksi asam lambung.
3. Merokok.
4. Kurang tidur, sering begadang.
5.Stres, kelelahan, tekanan emosional yang berlebihan.
6.Kecanduan terhadap kopi Yang berlebihan.
7.Terlalu sering mengkonsumsi minuman yang beralkohol.
8.Pola makan yang tidak teratur. 
9.Mengkonsumsi obat-obatan dalam waktu yang relativ lama.
10.Bakteri, mikroorganisme yang merugikan (helycobacter pylori), karena mengeluarkan zat yang merangsang produksi asam lambung.

Cara Mengobati Penyakit Maag

Jika terkena maag sebenarnya mudah. Pesan hanya alpukat jus. Karena buah berserat telah membuktikan kemanjuran dari "luar biasa" untuk maag. Kandungan kalori, lemak dan minyak yang tinggi di dalamnya tidak hanya sumber energi yang melimpah yang dibutuhkan pada saat puasa, tapi juga mengurangi kadar kolesterol dan menjaga kelenturan otot-otot sendi.

Berbagai manfaat dapat diperoleh dari alpukat, baik buah dan daun. Para peneliti dari Shizuoka University, Jepang. Misalnya, menemukan manfaat buah alpukat dalam mengurangi kerusakan hati, termasuk kerusakan yang disebabkan oleh virus hepatitis.

Alpukat dapat dimakan oleh siapa saja dan berapa saja karena kadar asam lemak jenuh dalam alpukat rendah. Alpukat adalah buah yang memiliki kandungan yang relatif tinggi lemak dan kalori. Buah Alpukat mengandung Vitamin A, Vitamin C, Vitamin B kompleks, vitamin E dan vitamin D. konten adalah A. vitamin yang paling

Bahkan, beberapa media harus mengupas manfaat alpukat sebagai obat maag. Dari beberapa literatur, bagaimana membuat obat herbal dari biji alpukat adalah sebagai berikut: 1.. Bilas dengan air matang kacang alpukat, 2. Parutan alpukat unggulan 3. Campurkan 100 CC air direbus dengan parutan biji alpukat adalah 4. Filter;

Ada aturan distilat penggunaan ekstrak biji alpukat adalah: 1. Heartburn tidak parah, minum jus alpukat 1 biji sehari; 2. Parah mulas, minum jus alpukat biji 2 kali sehari, pagi dan sore.

NB :
Nah...! Setelah membaca artikel di atas jangan lupa kunjungi blog ini Utari's World 

0 komentar:

Posting Komentar